Cihuahua

Chihuahua adalah salah satu kelompok anjing jenis Toy, mengacu pada American Kennel Club (AKC), yang dihasilkan dari kawin silang antara anjing Toltec, Chinese crested dan techihi. Chihuahua merupakan jenis anjing terkecil diantara ras anjing yang ada di dunia dengan tinggi 20 cm dan berat 1 – 2,7 kg. Karakternya sangat ingin menjaga pemiliknya, sehingga cukup protektif terhadap anjing asing. Chihuahua akan menggonggong (menyalak) jika ada orang asing atau penanda kedatangan seseorang. Chihuahua kurang senang bermain di luar rumah, cukup di dalam rumah dan tidak terlalu senang bermain ketangkasan yang terlalu berat.


Kandang atau rumah sangat penting untuk anjing kesayangan kita, sebagai tempat berlindung, beristirahat dan kenyamanan anjing. Selain kandang, yang perlu disediakan juga adalah alas, selimut untuk tidur serta peralatan makan dan minum. Bahkan jika perlu, area untuk “membuang kotoran” juga disediakan. Pada dasarnya, Chihuahua tidak terlalu membutuhkan tempat (area) yang luas karena tidak terlalu suka bermain atau berolahraga. Artinya, Walaupun anda tinggal di rumah tipe kecil, Chihuahua tetap bisa di pelihara. Tapi, jangan membiarkannya bermain di dalam rumah tanpa kontrol dan pengawasan, karena ia gemar membuka-buka perabotan rumah. Akibatnya, anjing bisa keracunan makanan atau kemasukan benda asing. Karenanya, jika mau meninggalkan rumah, anjing tersebut dibawa atau dimasukkan ke dalam kandang.


Pakan anjing terbagi dua jenis, pakan olahan dan pakan jadi. Pakan jadi dikenal dengan dogfood yang banyak terdapat dan dijual di petshop. Sedangkan pakan olahan adalah makanan yang terbuat dari berbagai bahan makanan yang diolah sendiri oleh pemiliknya. Untuk Chihuahua, idealnya diberikan dogfood dan sekali-kali diselingi dengan pakan olahan yang kita buat sendiri. Pemberian makan cukup dua kali dalam sehari dan jumlah yang diberikan sebanyak 30 gram dogfood. Hindari pemberian makanan yang berlebihan maupun camilan agar tidak mengalami masalah kegemukan (overweight). Perawatan dan pengecekan kandang dengan peralatannya harus dilakukan dengan rajin. Jika tempat minum telah kosong atau kotor (kemasukan sesuatu) segera ganti dan bersihkan. Demikian juga dengan selimut dan tempat tidur, apabila telah kotor dan bau, segera diganti.



Akan sangat baik jika di bawa jalan-jalan dan berolahraga sekali-kali. Hal ini penting, agar anjing terbiasa dengan keramaian atau tempat umum. Namun jika belum terbiasa di tempat umum, maka cukup di halaman atau teras rumah saja. Tipe bulu Chihuahua ada dua, tipe bulu pendek dan berbulu panjang. Perawatan bulu adalah dengan menyikat dan menyisir agar tidak kusut dan terlihat rapih. Penyikatan juga berguna untuk menghindari penyakit kulit dan kutu. Selain menyikat bulunya, jangan lupa untuk memandikannya. Memandikannya cukup sekali dalam sebulan saja, tidak perlu terlalu sering-sering.


Telinga Chihuahua mempunyai bentuk yang mengarah keatas. Karena itu, perlu dengan hati-hati untuk membersihkan telinganya. Lakukan pembersihan telinga seminggu sekali. Gunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan baby oil untuk menghilangkan kotoran telinganya. Sedangkan, untuk membersihkan mata, gunakan segumpal kapas dan dibasahi dengan air hangat. Usap secara perlahan dan lembut ke ujung mata sampai bersih. Lakukan pembersihan ini seminggu sekali.



Gunakan pemotong kuku khusus yang ada di petshop. Cara pemotongan harap diperhatikan, yakni memotong ujung kuku dengan hati-hati. Setelah dirasakan cukup pendek, haluskan kuku dengan bantuan alat yang ada dipemotong kuku. Untuk mendapatkan perawatan yang paling baik, anda bisa mengunjungi salon hewan. Demikian juga dengan kesehatannya anda bisa melakukan check up rutin (idealnya sekali enam bulan) ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatan Chihuahua kesayangan anda.





Artikel Terkait :

Reviews:

Posting Komentar

Menjual Sugar Glider Murah Meriah © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.